Sering Disamakan, Berikut Perbedaan Modifikasi dan Custom Kendaraan

Banyak orang yang sering menyamakan arti modifikasi dengan custom. Meskipun memiliki makna yang hampir sama, namun kedua hal ini berbeda. Pengertian modifikasi dan custom dalam dunia otomotif sebenarnya sama-sama memiliki arti mengubah motor dari versi standar.

Akan tetapi, pada prakteknya, dua hal tersebut memiliki makna yang berbeda. Supaya lebih jelas lagi, simak ulasan tentang perbedaan antara modifikasi dan custom pada kendaraan bermotor berikut ini.

Mengenal Arti Custom
Custom, menurut versi bahasa inggris, artinya adalah sesuatu yang pembuatannya disesuaikan dengan pesanan. Custom juga bisa dipahami penyesuaian dengan karakter, keinginan, atau fungsi tertentu. Oleh karena itu, custom adalah melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Custom pada motor berarti mengubah rancangan pada sepeda motor standar pabrik. Maksudnya yaitu berusaha membuat desain motor seunik mungkin menyesuaikan imajinasi serta karakter pengguna motor. Versi ini tentu saja berbeda dengan versi pabrikan secara umum.

Custom motor menggunakan part serta model kerangka tersendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengubah bagian-bagian motor. Istilah custom mengacu pada perubahan spek kendaraan. Perubahan ini sebagian besar dilakukan secara manual dan cenderung menyeluruh.

Arti Modifikasi
Apa itu modifikasi? Modifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengubahan. Maksudnya adalah dilakukan pengubahan dari bentuk semula. Modifikasi pada motor adalah pengubahan terhadap motor dari kondisi standar pabrik.

Hal ini terdengar hampir sama dengan custom, namun konteksnya berbeda. Perubahan pada motor modifikasi bukan merupakan perubahan total seperti custom. Modifikasi pada motor adalah pengubahan yang dilakukan pada motor dengan menggunakan aftermarket atau barang jadi.

Modifikasi motor berarti mengubah kondisi motor standar pabrik dengan mengganti komponennya. Komponen atau spare part yang digunakan untuk mengganti dapat dibeli dari aftermarket. Selain itu, sparepart pengganti ini dapat diambil dari sparepart motor jenis lain.

Perbedaan Custom dan Modifikasi
Setelah menyimak pengertian modifikasi dan arti custom, perlu diketahui bahwa ada kesamaan diantara keduanya secara umum. Kesamaannya adalah adanya perubahan spesifikasi kendaraan jika dibandingkan pada kondisi standar versi pabrikan. Lalu, bagaimana perbedaannya? Ini ulasannya.

Custom
Perbedaannya, pada motor custom perubahan yang terjadi lebih spesifik dan lebih luas. Motor custom tidak hanya mengubah bentukan dari pabrik, namun bisa juga membuatnya sendiri dari nol. Artinya, baik semua bagian dan bentuk motor dikerjakan dari nol.

Custom pada kendaraan bermotor berarti mengubah kendaraan dari standar pabrik menjadi bentukan baru. Motor custom dibuat dengan mengganti part kendaraan secara total. Rata-rata, motor custom telah menanggalkan komponen asli bawaan pabrik.

Bentuk pengubahan motor ini dimulai dari desain, frame, hingga aksesoris yang berusaha diciptakan sendiri. Hal ini membuat motor custom sulit untuk ditiru, bahkan dapat dikatakan hanya dimiliki oleh yang membuat saja.

Motor custom juga lebih lama pengerjaannya dan lebih mahal biayanya. Ini disebabkan karena untuk membuat motor custom, Anda dapat mendatangkan spesialis tangki, bubut, dan lain sebagainya.

Karena menggunakan desain sendiri, maka pada motor custom cenderung dilakukan perubahan besar secara manual. Contoh motor custom adalah motor sport naked yang diubah menjadi scrambler, chopper, dan café racer.

Modifikasi
Lain dari custom, modifikasi hanyalah mengubah bagian tertentu dengan aftermarket agar terlihat berbeda dari versi pabrikan. Pada kendaraan bermotor tersebut juga terjadi perubahan namun dalam arti yang berbeda. Intinya, modifikasi adalah mengubah komponen dengan barang jadi atau aftermarket.

Perubahan pada mobil modifikasi tidak dilakukan secara total. Modifikasi pada mobil dapat dilakukan dengan mengganti beberapa komponen dengan barang aftermarket. Cara pengubahan ini masih memungkinkan adanya kemiripan dengan mobil lain.

Misalnya, Anda dapat mengganti spion, pelek, atau bagian lain dengan spare part jenis mobil lain yang tidak sama dengan bentuk aslinya. Karena menggunakan barang yang sudah ada, maka ada kemungkinan bahwa ada yang memiliki mobil dengan modifikasi yang sama.

Secara kasar, dapat dikatakan bahwa perbedaan custom dan modifikasi terletak pada niat pembuatnya. mobil custom dibuat untuk berkarya dari nol. Sedangkan modifikasi mobil dibuat untuk bergaya dan kepuasan dalam mengganti sparepart.

Sumber: suzuki.co.id

Write a comment